Tuesday 7 April 2009

Obama Membuat Kunjungan Kejutan Di Irak

Presiden AS Barack Obama kini berada di Irak. Obama berkunjung ke Ibu Kota Baghdad dari Istanbul untuk kunjungan penuh kejutan.
Kedatangannya di Irak merupakan suatu hal yang tak diperkirakan sebelumnya dalam kunjungan luar negerinya kali ini.
Juru bicara White House, Robert Gibbs menyatakan, Obama pergi ke Irak untuk berterima kasih kepada pasukan AS yang bertugas di sana serta berkonsultasi dengan pemimpin Irak tentang kebutuhan bagi kemajuan politik.
Obama saat ini sedang dalam proses menarik mundur pasukan AS dari Irak dan mengalihkannya ke Afghanistan.
Gibbs berkata kepada wartawan yang mendampingi perjalanan Obama di dalam pesawat Air Force One bahwa Irak dipilih sebagai bagian dalam kunjungannya karena letaknya yang dekat dengan Turki.
Tapi ia berujar bahwa faktor yang menentukan adalah keinginan Obama untuk menunjukkan kepada pasukan AS bahwa mereka mendapatkan perhatiannya, apresiasinya, dan penghormatannya.
Presiden diperkirakan naik helikopter yang menuju Baghdad dari bandara kota untuk bertemu dengan Perdana Menteri Nouri Al Maliki dan Presiden Jalal Talabani. Tapi sedikit pandangan yang dihasilkan dalam perubahan rencana. Iring-iringan mobil Obama lebih memilih ke pangkalan militer AS untuk menjumpai pasukan dan komandan mereka. Perdana Menteri Irak akan menjumpai Obama di sana.

No comments:

Post a Comment