Friday 10 April 2009

OBAMA: AS Tidak Berperang Dengan Islam




Selama lawatan perdananya ke negara muslim sebagai presiden AS, Barack Obama mencoba menjangkau dunia muslim dan menyatakan bahwa AS tidaklah dan tidak akan berperang dengan Islam.
Berbicara di depan parlemen Turki hari minggu, presiden Obama mendorong kemitraan yang lebih luas dengan dunia muslim dan berjanji kalau AS akan segera meluncurkan program yang lebih banyak.
Menurut BBC, Presiden Obama dalam pidatonya banyak mendorong perlunya hubungan yang erat antara Amerika dan Muslim, dan menyatakan bahwa “kepercayaan yang mengikat kita begitu kencang”.
“Saya akan nyatakan dengan jelas: AS tidak dan tidak akan pernah berperang dengan Muslim”, demikian ujar Obama.
Lebih lanjut ia menyatakan, AS telah diperkaya oleh Amerika Muslim. Orang-orang Amerika yang lain mempunyai seorang Muslim dalam keluarga mereka, atau yang ernah hidup di negara yang mayoritas Muslim. Saya tahu hal ini, karena saya merupakan salah satu dari mereka”.
Presiden Obama juga berujar bahwa kelompok teroris tidak mewakili sebagian besar Muslim, Ungkap Associated Press.
“Hubungan Amerika dengan negara Muslim, tidak dan tidak akan pernah berlandaskan hanya pada perlawanan terhadap terorisme”. Kita mencoba hubungan yang lebih luas berdasarkan pada kepentingan yang saling menguntungkan dan saling menghormati”.
“Kami akan memberitahukan penghargaan kami yang dalam terhadap agama Islam, yang telah berjalan beberapa abad untuk membentuk dunia, termasuk di negara saya”, ujarnya.
Sebelumnya, saat konferensi pers dengan Presiden Turki Abdullah Gul, Presiden Obama meminta Turki untuk menjembatani jurang antara Muslim dan dunia Barat.
Ia berujar bahwa kunjungannya merupakan sebuah “pernyataan tentang pentingnya Turki, bukan hanya kepada AS, tetapi kepada dunia

No comments:

Post a Comment