Saturday 28 March 2009

Sex On Campus: Between Gossip and Reality

Wow, kayaknya nggak pernah habis yah ngebahas yang satu ini. Setelah kemarin tulisan saya mengenai betapa “enaknya” jadi dosen di Jogja, yang alhamdulillah mendapatkan apresiasi yang luar biasa, bahkan tulisan saya tersebut juga di copy paste di web/ blog lain, kali ini saya juga akan membahas masalah lain yang nggak jauh-jauh juga dari dunia kampus dan kehidupannya.

Kali ini masalah yang saya bahas adalah mengenai kehidupan sex on campus. Kali ini penulis membahas masalah ini karena isu ini begitu derasnya berseliweran di sekitar kuping penulis sewaktu masih kluntang-klantung di kampus. Penulis memang tidak pernah memergoki sendiri atau mengadakan “penelitian” yang lebih mendalam mengenai masalah ini, karena belum ada waktu khusus untuk itu. Untuk itu, judul yang penulis tuliskan di atas adalah Between Gossip and Reality.

Sebagai seorang mahasiswa yang prestasinya biasa-biasa saja, aktivitas penulis di kampus tidak jauh dari sekedar kuliah, nongkrong-nongkrong, main PS, ngrepotin temen di kos dsb. Di tengah-tengah aktivitas penulis tersebut, tersebutlah kisah seru mengenai kehidupan kampus, yaitu mengenai kehidupan sex mahasiswa.

Penulis tidak akan bicara apakah kejadian ini di kampus penulis atau bukan, karena ntar bisa dibilang mencemarkan nama baik lagi. Clue yang penulis berikan agak sukar untuk ditebak, tapi buat mahasiswa di kota S, pastilah mafhum dimana tempatnya. Sekali lagi, buat kalangan civitas akademika kampus, jangan buru-buru marah, ini hanya sekedar wacana, dan penulis juga belum membuktikan fakta/ kenyataannya, maka penulis memberi judul, between gossip and reality. Sehingga, janganlah kita buru-buru untuk marah, tapi sebaliknya, ada gunanya tulisan ini digunakan sebagai bahan penyelidikan, untuk menginvestigasi apakah benar di kampus tersebut terdapat kegiatan macam itu, sehingga isu-isu yang ada tidak bergerak seperti bola liar. Kalaupun kemudian terbukti benar, maka civitas kampus bisa merancang suatu tindakan untuk mencegah hal itu terulang kembali. Kalaupun tidak benar, maka tulisan ini bisa dijadikan sebagai bahan kewaspadaan supaya hal ini tidak terjadi di kampus anda dan kampus-kampus lain tentunya. Maka, terserah kita semua (civitas akademika) untuk menyikapinya.

Tersebutlah ada sebuah universitas di sebuah kota besar yang berada di tengah-tengah semacam bekas hutan/ kebun yang amat luas. Karena dulunya sebelum dibangun kampus ini tempat tersebut memang tempat yang jarang dijamah, dan baru terjamah, bahkan sekarang sangat ramai sekali, setelah sebuah universitas membangun kampus di situ.

Karena luasnya areal kampus tersebut, disertai dengan suasana mirip perkebunan/hutan dan sawah di sekelilingnya, maka menjadikan kampus tersebut tempat yang nyaman untuk sekedar melepas lelah, di waktu-waktu tertentu. Apalagi jika untuk pacaran, areal kampus tersebut merupakan areal favorit. Ketika pada petang hari, penulis mampir ke kampus, sang penjaga malam yang akrab dengan penulis kemudian menceritakan bagaimana dulu ia “mengintip” orang yang sedang “pacaran” di areal kampus tersebut. Salah satu tanda ada gejala-gejala yang tidak beres adalah apabila terdapat sorot lampu motor yang tiba-tiba dimatikan di sebuah jalan areal kampus, maka hampir dipastikan pula terdapat hal-hal yang tidak beres. Bahkan, ia melanjutkan, pernah suatu kali di sebuah sudut fakultas ********** terdapat dua orang muda-mudi yang kemungkinan memang mahasiswa/wi, sedang berasyik masyuk. Lebih gilanya lagi, peristiwa itu terjadi pada outdoor, dimana terdapat sebuah jembatan dekat fakultas tersebut, dan mereka melakukannya di dekat sana, dan terjadi pada siang hari, lalu dipergoki oleh warga sekitar!!!!!!!!!!!

Penginnya sih ngga percaya dengan omongan tersebut, akan tetapi cerita itu tidak satu dua kali penulis dengar, lagipula hal tersebur disampaikan oleh sumber yang layak dipercaya. Tapi kalo penulis pikir, memang situasi areal kampus yang besar, disekelilingnya terdapat rerimbunan pohon, sawah, dan tanah lapang, karena tempat tersebut memang dulunya semacam hutan, menjadikan sensasi tersendiri bagi yang memang suka mencari sensasi.

Mungkin, anak-anak muda jaman sekarang memang udah nggak waras. Mereka mencoba-coba cari sensasi lain dengan melakukannya di tempat terbuka. Lalu, fenomena apakah ini, sudah sedemikian parahkah kehidupan kampus kita?

Atau jangan-jangan fenomena ini bukan hal yang baru di sekitar kita? Jangan-jangan penulis saja yang masih kuper menanyakan hal ini yang sudah menjadi rahasia umum yang sudah banyak diketahui orang, akan tetapi masih tabu untuk dibicarakan di depan umum?

Tahulah, tapi yang jelas, mungkin masih banyak sex undercover di kehidupan kampus yang isunya masih sering menghinggapi kita. Sex on KKN missal? Pernah dengar? Yang jelas, bila punya cerita unik dan menarik mengenai hal ini artikelnya bisa disambungkan ke blog ini dong…………………

No comments:

Post a Comment