Friday 8 May 2009

Para Driver F1 Mendukung Ferrari Soal Kecaman Oleh Mosley


Para Driver F1 Berdiri Di Belakang Ferrari
Para driver F1 Membalas klaim Max Mosley yang menyatakan bahwa F1 tetap dapat berlangsung tanpa kehadiran Ferrari.

FIA, badan motorsport dunia yang menaungi F1, mengumumkan pembatasan anggaran untk tiap tim sebesar 40 juta pounds mulai musim 2010. Hal itu kemudian disebut oleh pihak Ferrari sebagai “ketidakadilan fundamental”.

Juara dunia tahun lalu, Lewis Hamilton menyatakan bahwa ia “tidak dapat membayangkan” F1 tanpa Ferrari, sementara itu Fernando Alonso menyatakan bahwa hal itu “tidak mungkin” terjadi.

Mosley menyatakan bahwa Ferrari musti tunduk pada aturan baru tersebut atau Ferrari dipersilahkan keluar dari F1.

Driver BMW-Sauber, Nick Heidfeld menyatakan “sedikit aneh mendengar hal tersebut darinya (Mosley-pen)”. “Saya pikir bahwa orang melihat dan mendengar para fans di seluruh dunia dan Ferrari jelas-jelas merupakan nama paling tersohor di F1 dengan begitu banyak suporter dan telah ada semenjak awal (penyelenggaraan F1-pen), jadi mereka adalah bagian dari F1 tentunya”.

Driver Italia untuk tim Force India, Giancarlo Fisichella menambahkan: “tanpa Ferrari, saya pikir tidak akan ada F1 lagi”.

Presiden Ferrari, Luca Di Montezemolo, yang juga mengepalai asosiasi tim-tim Formula 1 (FOTA) telah menulis kepada Mosley pekan lalu untuk menyatakan konsennya terhadap pembatasan anggaran bagi tim-tim F1 yang dapat menuntun F1 menuju kepada kejuaraan kelas dua.

FOTA mengeluarkan pernyataan setelah menggelar pertemuan di London rabu lalu yang meminta adanya pembicaraan dengan FIA tentang regulasi F1 tahun 2010.

Bos tim BMW-Sauber Mario Theissen menyatakan penting sekali untuk tidak “menghancurkan” perpaduan antara tim-tim pabrikan dan tim-tim independen.

Apa yang membuat F1 begitu kuat adalah karena adanya tim yang mempunyai warisan besar, yang telah berpengalaman dalam kurun waktu yang lama dan untuk Ferrari sendiri telah mempunyai pengalaman selama 60 tahun, sebuah tim yang telah banyak berkontribusi pada apa yang saat ini kita rasakan, ungkapnya.

“Saya pikir perpaduan saat ini antara tim pabrikan dan tim independen merupakan sesuatu yang sehat. Kita harus berhati-hati, jangan sampai merusakkan hal ini” tambahnya lagi.

No comments:

Post a Comment