Tuesday 12 May 2009

Konfirmasi Mengenai Kejahatan Perang Oleh PBB Telah Membuat Marah Israel


Konfirmasi Mengenai Kejahatan Perang Oleh PBB Telah Membuat Mar

Laporan terbaru PBB yang mengkonfirmasikan “kelalaian dan ketakutan” Israel dalam perang Desember lalu di jalur Gaza telah meningkatkan kemarahan di Tel Aviv.

Empat anggota panitia penyelidikan yang ditunjuk oleh Sekjen PBB Ban Ki-Moon telah melaporkan bahwa tentara Israel telah gagal melindungi personel PBB dan rakyat sipil yang mencari tempat perlidungan di gedung PBB di Gaza.

Laporan setebal 184 halaman itu, yang tidak semuanya dipublikasikan atas permintaan Ban Ki-Moon, menyatakan bahwa Tel Aviv bertanggungjawab atas “ kematian dan timbulnya korban luka-luka yang terjadi di dalam kompleks PBB serta kerusakan fisik yang ditimbulkan di dalam kompleks PBB”.

Dalam sebuah pernyataan, menteri luar negeri Israel dengan nada tidak senang menyebut bahwa laporan tersebut “tidak berimbang, bias, dan melupakan fakta”.

Israel menolak kritikan pada ikhtisar laporan komite tersebut dan menyatakan bahwa baik dalam semangat dan bahasa laporan, laporan tersebut cenderung tendensius, terlihat bias dan mengingkari fakta-fakta yang didapatkan oleh komite tersebut”, ungkap sebuah pernyataan.

Menteri pertahanan Israel Ehud Barak juga menolak laporan tersebut, dan sekali lagi mempersalahkan Hamas atas timbulnya korban pada operasi yang berlangsung selama bulan Januari-Desember di jalur Gaza tersebut.

Operasi militer tersebut membunuh hampir 1400 orang Palestina dalam tiga minggu.

“Kita menolak kesimpulan pada laporan tersebut”, Ujar Ehud Barak.

“Saya pikir apa yang hilang dari gambar adalah sumber dari semua ini, yang menyebutkan 4000 roket dan bom yang menghantam di atas populasi rakyat sipil kami selama delapan tahun sebelum Israel ke sana (Gaza-pen)”tambahnya.

Dia tidak menerangkan mengenai 60 tahun penindasan oleh Israel atas rakyat Palestina-yang merupakan penduduk asli dari tanah yang diduduki.

Menurut B’Tselem, Pusat HAM Israel di wilayah pendudukan, sejak tahun 2000 sampai tahun 2008, konflik Palestina-Israel telah menimbulkan 4908 korban jiwa di pihak Palestina dan 1062 rakyat Israel.

Statistik resmi Israel mengkonfirmasikan bahwa, lebih dari 3000 roket Qassam ditembakkan ke Israel di suatu periode yang hanya menewaskan 15 rakyat Israel.


No comments:

Post a Comment