Sunday 3 May 2009

Arab Saudi Marah Atas Klaim AS


Arab Saudi Marah Atas Klaim AS
Arab Saudi dalam sebuah kemarahan yang teramat jarang terhadap sekutunya itu, telah meminta kepada AS untuk menarik kembali pengakuan bahwa Raja Abdullah telah bertemu dengan presiden Israel, Shimon Peres pada tahun 2008.

Seorang pejabat Arab Saudi yang tidak disebutkan namanya menyatakan bahwa pengakuan sekretaris departemen luar negeri Amerika, William Burns, “sama sekali tidak benar dan dibuat-buat”.

Burns menyatakan pada pekan ini bahwa Raja Abdullah dan Presiden Shimon Peres telah bertemu pada konferensi lintas agama di New York November lalu. Sementara itu Arab Saudi dan Israel tidak mempunyai hubungan diplomatik.

Agensi berita pemerintah Arab Saudi- SPA- mengutip pernyataan pejabat tersebut yang menyatakan bahwa departemen luar negeri AS “telah menolak klaim tersebut dan memberikan klarifikasi alasan dibalik pernyataan yang tidak akan membantu hubungan hubungan kedua negara sahabat tersebut”.

Riyadh selalu menolak laporan media yang memberitakan pertemuan antara petinggi Arab Saudi dan Israel, dan menurut para analis, akan dapat menghancurkan kredibilitas Arab Saudi di dunia Arab.

Pada tahun 2002, Arab Saudi mengajukan inisiatif damai yang menawarkan kepada Israel pengakuan diplomatik secara penuh jika negara Yahudi tersebut mengembalikan wilayah-wilayah Arab yang mereka rebut pada tahun 1967.

No comments:

Post a Comment