Sunday 3 May 2009

Formula 1 “Bisa Tetap Survive Tanpa Ferrari”


Formula 1 “Bisa Tetap Survive Tanpa Ferrari”
Max Mosley, presiden badan motorsport dunia FIA, menyatakan bahwa F1 bisa tetap berlangsung tanpa Ferrari.

FIA telah mengumumkan akan membatasi anggaran tim-tim F1 sebesar 40 juta pounds yang dimulai sejak tahun 2010, suatu hal yang menurut presiden Ferrari Luca Di Montezemolo kemudian menyebutnya sebagai “ketidakadilan secara fundamental”.

Meskipun demikian, Mosley, yang telah menuntun langkah menuju penghematan anggaran biaya F1, menyatakan kalau Ferrari harus mentaati aturan baru tersebut atau dipersilahkan untuk keluar dari F1.

“Olahraga ini tetap bisa survive tanpa Ferrari” ungkapnya. “Hal itu akan sangat menyedihkan. Begitulah tim Italia tersebut”.

Pembatasan anggaran, yang akan diperkenalkan musim depan, akan memberikan kompensasi kepada tim yang menyetujuinya dengan memberikan kebebasan teknik yang lebih besar dan ujicoba tak terbatas di luar musim.

Tim yang pengeluarannya melebihi batas anggaran - yang tidak meliputi beberapa pengeluaran seperti gaji pembalap, denda, maupun pemasaran- tidak akan dikenai hukuman tertentu, tapi nasib mereka akan ditentukan oleh FIA tergantung dari tingkat pengeluaran mereka.

Ferrari telah mengancam akan melawan inisiatif tersebut, dengan menyatakan bahwa hal tersebut secara tidak adil akan menghukum mereka, tapi Mosley menyatakan kepada Financial Times bahwa aturan pembatasan anggaran “tidak akan berubah”.

Ia menambahkan: “saya berharap dan berpikir ketika sebuah tim melakukan protes kepada manajemen F1 dan berkata “saya akan melawan FIA, karena saya ingin menghabiskan 100 juta pounds lebih bayak dari yang FIA inginkan untuk dikeluarkan”, manajemen F1 kemudian akan bertanya balik, “kenapa anda tidak bisa membelanjakan 40 juta pounds, sementara tim lain bisa?”.

Tim-tim F1 independen seperti Brawn GP telah mendukung aturan tersebut, dengan pemimpin klasemen lomba saat ini, Jenson Button menyatakan pada BBC Sport kalau ia mendukung pembatasan anggaran sebagaimana yang dilontarkan Mosley.

“Untuk pabrikan dan tim besar, saya yakin mereka tidak menginginkan hal itu, tapi untuk tim seperti Brawn, kita membutuhkan hal tersebut untuk keberlangsungan di masa depan”, ungkap Button.

“Untuk kami, Williams, dan beberapa tim kecil lain, kami akan sangat senang dengan keputusan tersebut - hal itu akan menuju ke arah yang kami inginkan”.

Asosiasi tim-tim Formula Satu akan mendiskusikan proposal-proposal baru di London rabu esok.

Tim yang menginginkan untuk berkompetisi pada kejuaraan tahun depan harus memberitahukan kepada FIA antara tanggal 22 sampai 29 mei dan menyatakan apakah mereka menginginkan untuk berkompetisi dibawah aturan pembatasan biaya ini.

No comments:

Post a Comment